Berkunjung ke Rumah Satsuki dan Mei

Tempat yang wajib dikunjungi bagi pecinta film Totoro

Sebagai penggemar film-film dari Studio Ghibli, terutama My Neighbor Totoro, mengunjungi Rumah Satsuki dan Mei adalah salah satu agenda wajib saya selama di Jepang. Rumah Satsuki dan Mei terletak di tengah-tengah Moricoro Park atau yang dikenal juga sebagai The Expo Memorial Park (Ai Chikyuhaku Kinen Koen), Nagoya.

Dalam ceritanya di film My Neighbor Totoro, Satsuki dan Mei harus pindah ke pinggiran kota agar lebih dekat dengan ibu mereka yang sedang dirawat di rumah sakit. Suatu hari ketika Mei sedang bermain, ia bertemu dengan makhluk ajaib yang tinggal di hutan kecil di sekitar rumah baru mereka. Mei menamakan makhluk itu Totoro dan langsung berteman dengannya. Tak lama berselang, Satsuki juga bertemu dengan Totoro. Film ringan yang bercerita tentang adik-kakak Satsuki dan Mei ini diceritakan sangat hangat oleh Hayao Miyazaki, penulis sekaligus sutradaranya. Tidak mengherankan jika My Neighbor Totoro hingga kini masih membekas di hati penikmat film animasi.

Tujuh belas tahun sejak film ini dirilis, pada tahun 2005 Rumah Satsuki dan Mei dibangun menjadi nyata sebagai salah satu atraksi dalam Expo Nagoya 2005 dan dibuka kembali untuk umum pada tahun 2006. Film ini sendiri berlatar tahun 1950-an, sehingga rumah ini dibuat dengan khas untuk menampilkan kehidupan di sekitar pedesaan di Jepang pada masa itu. Selain arsitekturnya yang dibuat sangat mirip, semua perabotan di dalam rumah pun diperhatikan secara detail untuk mencerminkan filmnya setepat mungkin. Mulai dari pintu masuk, beranda, meja kerja Ayah lengkap dengan tumpukan buku-bukunya, bak mandi, dapur, hingga sumur di belakang rumah benar-benar seperti di dalam film. Pengunjung bahkan dibawa lebih dekat lagi dengan dipersilakan menjelajah isi rumah dan merasakan baju, perlengkapan sekolah, serta semua barang di dalam rumah yang disimpan di dalam laci dan lemari.

Ada beberapa hal yang harus dicatat sebelum berkunjung ke Rumah Satsuki dan Mei. Pengunjung diharuskan untuk membeli tiket masuk seharga ¥510 untuk berkeliling rumah selama 30 menit. Selain itu, pengambilan foto juga hanya diperbolehkan dari luar rumah.

Akses untuk menuju Rumah Satsuki dan Mei sangat mudah. Moricoro Park sendiri terletak di wilayah Nagakute-cho yang berjarak sekitar 40 menit dari kota Nagoya. Dari Stasiun Nagoya, Anda bisa mengambil jalur Higashiyama menuju Stasiun Fujigaoka. Kemudian transfer ke jalur Linimo menuju Stasiun Ai-chikyuhaku Kinen Koen. Dari Stasiun Ai-chikyuhaku Kinen Koen pun ada shuttle bus gratis menuju Rumah Satsuki dan Mei.

0
0
본 기사가 도움이 되셨습니까?
JapanTravel.com 개선을 위해 도움을 주세요
피드백 주기

코멘트를 남겨주세요

Thank you for your support!

Your feedback has been sent.